Situs-Otomotif.com – Halo sahabat situs-otomotif kembali lagi disini ada info baru lo tak lama kemarin saya membaca sebuah artikel ada penemuan baru loh mengenai kendaraan kita yaitu fokusnya pada kendaraan roda dua yaitu motor maupun sepeda ontel kita nah sekarang perlu kita pahami sistem penggerak elektrik pada roda dua telah masuk ke Indonesia loo dalam berbagai bentuk. Mulai dari sepeda listrik sampai dengan motor sport sudah didukung mesin anti bensin atau anti bahan bakar.
Salah satu motor sport elektrik yang kini namanya mulai tenar di Indonesia yaitu Zero. Kendaraan ini dibawa masuk oleh Garansindo Technologies selaku agen pemegang merek. Zero yang ditawarkan oleh Garansindo yaitu tipe S, SR, dan DS. Kali ini, kami akan mengupas mengenai tipe terbawah Zero di Indonesia yaitu tipe S.
Otomotif Semakin Maju Dalam teknologinya |
Menurut situs resmi Zero Motorcycle disebutkan bila motor elektrik yang digunakan untuk sumber penggerak memiliki output 40 kW atau setara 54 tenaga kuda pada 4.300 rpm dengan torsi 92 Nm. Zero S berjalan dengan sistem transmisi otomatis atau tidak perlu berpindah gigi. Daya maksimum yang dihasilkan oleh Zero S setara dengan motor sport dengan mesin berkapasitas 750 cc. Di Indonesia, salah satu moge bermesin 750 cc yang memiliki transmisi otomatis yaitu Honda NM4 Vultus. Motor bergaya futuristik ini memiliki tenaga maksimum 40,3 kW atau setara 54 Tk pada 6.250 rpm dan torsi 68 Nm pada 4.750 rpm.
Baterai Zero S berkapasitas maksimum 9,8 kWh. Daya yang disimpan diklaim sanggup mengantar kita hingga jarak 195 kilometer untuk penggunaan dalam kota. Bila 1 kWh untuk TDL 1.300-6.600 VA harganya Rp 1.352 maka untuk memenuhi aki butuh biaya Rp 12.168. Makanya harga energi untuk motor listrik sangat murah setiap kilometer motor ini berjalan hanya butuh biaya Rp 62,4 saja.
Baterai Zero S berkapasitas maksimum 9,8 kWh. Daya yang disimpan diklaim sanggup mengantar kita hingga jarak 195 kilometer untuk penggunaan dalam kota. Bila 1 kWh untuk TDL 1.300-6.600 VA harganya Rp 1.352 maka untuk memenuhi aki butuh biaya Rp 12.168. Makanya harga energi untuk motor listrik sangat murah setiap kilometer motor ini berjalan hanya butuh biaya Rp 62,4 saja.
Untuk Honda NM4 Vultus sebagaimana dilansir Topspeed, didukung oleh tangki bensin berkapasitas 11,6 liter. Motor futuristik tersebut memiliki diameter silinder 77 mm, panjang langkah 80 mm, serta rasio kompresi 10,7:1 cukup mengesankan. Konsumsi bahan bakar pada NM4 Vultus 28,4 km/liter (WMTC mode) atau sanggup menempuh jarak sejauh 329,44 kilometer.
Kompresi tersebut ideal menggunakan bahan bakar dengan RON 92. Saat berita ini ditulis, harga satu liter bensin beroktan 92 sebesar yaitu Rp 8.150. Jika dihitung biaya per kilometer yang harus dikeluarkan, maka NM4 Vultus menghabiskan Rp 287 tiap kilometernya.
Mengacu data teknis yang ada, keunggulan Zero S yaitu menyuguhkan torsi sejak tuas gas pertama kali dipelintir. Torsi yang dimiliki oleh Zero S juga lebih besar dibanding Honda NM4 Vultus dengan output hampir setara namun bermesin bensin. Demikian itu, Honda NM4 Vultus unggul dari sisi kapasitas tangki BBM besar yang sanggup digunakan untuk menempuh jarak yang lebih jauh.
PERHATIAN
Tapi yang perlu di Perhatikan atau jadi catatan, untuk baterai pada motor listrik sendiri tidak memiliki umur yang panjang. Karena setiap 1-1,5 tahun perlu diganti dengan harga yang tak bisa dibilang murah atau cukup menguras isi dompet.
0 comments:
Post a Comment